Pemrograman Web

Pemrograman Web - Hello friend Download All in One, In the article that you read this time with the title Pemrograman Web, we have prepared this article well for you to read and take information in it. hopefully the post content Article ASP, Article CSS, Article HTML, Article Javascript, Article PHP, Article Program, Article Programmer, Article Programming, Article Tentang Web, Article WML, Article XML, what we write can you understand. alright, happy reading.



Title: Pemrograman Web
link : Pemrograman Web

Read More


Pemrograman Web

Foto: ichanical.com


Sekilas Tentang Web

World Wide Web (WWW) atau disebut biasa disebut dengan Web, merupakan salah satu sumber daya internet yang berkembang pesat. Informasi Web didistribusikan melalui pendekatan hypertext, yang memungkinkan suatu teks pendek menjadi contoh untuk membaca dokumen yang lain. Dengan pendekatan hypertext ini seseorang sanggup memperoleh isu dengan meloncat dari suatu dokumen ke dokumen yang lain. Dokumen-dokumen tersebut sanggup diakses dan tersebar di banyak sekali mesin dan bahkan diberbagai negara.


Bagai jaring laba-laba, jejaring Web telah membentang keseluruh dunia. Tidak hanya pada lembaga-lembaga penelitian yang ingin mempublikasikan hasil riset , Web juga banyak digunakan oleh perusahaan bisnis yang ingin mengiklankan produk atau untuk melaksanakan transaksi bisnis.

Sejarah Singkat Web

Sejarah Web dimulai pada bulan maret 1989 ketika tim Berner-Lee yang bekerja di Laboratorium Fisika Partikel Eropa atau yang dikenal dengan nama CERN (Consei European pour la Recherce Nuclaire) yang berada di Genewa, Swiss, mengajukan protokol (suatu tatacara untuk berkomunikasi) sistem distribusi isu internet yang digunakan untuk banyak sekali infomasi di antara para fisikawan.
Protokol inilah yang selanjutnya sebagai protokol World Wide Web dan dikembangkan oleh World Wide Web Concortium (W3C). Sebagaimana diketahui W3C ialah kortium dari sejumlah organisasi yang berkepentingan dalam pengembangan banyak sekali standar yang berkaitan dengan Web.

Aplikasi Web
Pada awalnya aplikasi Web dibangun hanya dengan memakai bahasa yang disebut HTML (HyperText Markup Language) dan protokol yang digunakan dinamakan HTPP (HyperText Transfer Protocol). Pada perkembangan berikutnya, sejumlah skrip dan objek dikembangkan untuk memperluas kemampuan HTML. Pada ketika ini, banyak skrip menyerupai itu; antara lain yaitu PHP dan ASP, sedangkan contoh yang berupa objek antara lain ialah applet (Java).

Bahasa Pemrograman

HTML
HyperText Markup Language (HTML) ialah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan banyak sekali isu di dalam sebuah browser Internet. HTML ketika ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML sanggup dibuka dengan memakai browser web seperti Mozilla FirefoxMicrosoft Internet Explorer dll.

PHP
Hypertext Preprocessor (PHP) ialah bahasa pemrograman script yang paling banyak digunakan ketika ini. PHP pertama kali dibentuk oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih berjulukan FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. PHP banyak digunakan untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).

ASP
ASP ialah abreviasi dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk membuat halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.

XML
Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan banyak sekali macam data. XML memakai markup tags menyerupai halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.

WML
WML ialah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (Extensible Markup Langauge). WML ialah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless. WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.

Javascript
Javascript ialah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client. JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape. Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang bisa menjalankan JavaScript.

Css

Cascading Style Sheets (CSS) ialah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS ialah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri sanggup dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).


Sumber tulisan:
Buku --> Kadir, Abdul. 2003. Pemrograman Web Mencakup: HTML, CSS, Javascript & PHP. Yogyakarta: Andi Yogyakarta
Website --> Wikipedia


Such article Pemrograman Web

So this article Pemrograman Web this time, hopefully it can benefit you all. alright, see you in another article post.


You are now reading the article Pemrograman Web with the link address https://x-filedownload.blogspot.com/2018/02/pemrograman-web.html

0 Response to "Pemrograman Web"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel